Article Detail
MEDIA PEMBELAJAR ADALAH SARANA UNTUK MENYAMPAIKAN MATERI KEDAPA ANAK
Manfaat Media Pembelajaran
Secara umum manfaat media pembelajaran adalah untuk memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Sedangkan manfaat khusus media pembelajaran menurut Kamp dan Dayton (1985) sebagai berikut:
1. Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan
2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
3. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
4. Efisiensi dalam waktu dan tenaga
5. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
6. Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
7. Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
8. Merubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif
Manfaat media pendidikan secara praktis sebagai berikut:
1. Media dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit
2. Media juga dapat mengatasi kendala keterbatasan ruang dan waktu
3. Media dapat membantu mengatasi keterbatasan indera manusia
4. Media juga dapat menyajikan objek pelajaran berupa benda atau peristiwa langka dan berbahaya ke dalam kelas
5. Informasi pelajaran yang disajikan dengan media yang tepat akan memberikan kesan mendalam dan lebih lama tersimpan pada diri siswa.
Perlu kemahiran yang terlatih dalam hal menggunakan media pembelajaran. Guru harus pandai menentukan media pembelajaran apa yang tepat untuk sebuah topik tertentu karena tidak semua topik dapat dijelaskan dengan media pembelajaran, yang sama dan tidak semua media pembelajaran mampu mengelola sebuah konsep.
Jika media pembelajaran digunakan tanpa memperhatikan karakteristik media pembelajaran itu sendiri, maka hasil pengajaran akan jauh dari sasaran. Apabila hal ini sampai terjadi, berarti penggunaan media pembelajaran mengalami kegagalan. Menurut Oemar Hamalik (2003:2002) ada dua pendekatan dalam memilih media pembelajaran, yaitu:
1. Dengan cara membeli media yang tersedia di pasaran yang dapat dibeli guru dan langsung dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Pendekatan ini membutuhkan biaya besar, lagi pula belum tentu media itu cocok dengan kegiatan belajar atau materi yang disampaikan.
2. Memilih berdasarkan kebutuhan nyata, yaitu berdasarkan tujuan pembelajaran yang dirumuskan secara khusus dan bahan pelajaran.
-
there are no comments yet